2012
09.13

Judul : Metode Analisis Vegetasi dan Komunitas
Penulis : Ir. Suwasono Heddy, M.S
Penerbit : Rajawali Pers
Tahun Terbit : Juni, 2012
Tebal : xv + 166 halaman
Dalam aspek ekologi, ada beberapa kaidah dasar yang sering dijumpai seperti: lahan sebagai media hidup, populasi, komunitas, ekosistem, suksesi ekologi, kompetisi dan sebagainya. Secara kuantitatif kaidah-kaidah tersebut dapat dianalisis.

Istilah ekologi sendiri mula-mula dipakai oleh sarjana Jerman: Ernest Haeckel (1869). Sedangkan Anthony van Leeuwenhoek mula-mula mengkaji tentang rantai makanan dan populasi. Ekologi berasal dari kata Yunani Oikos yang berarti rumah tangga dan Logos berarti ilmu pengetahuan. Sehingga bila disatukan antara Oikos dan Logos dimaknai sebagai ilmu yang mempelajari hubungan timbale balik antara organism dan lingkungannya.

Buku Metode Analisis Vegetasi dan Komunitas ini merupakan buku ajar dan panduan praktikum tentang metode analisis vegetasi dan komunitas. Buku ini telah diuji coba pada saat kerjasama antara TFV/NUFFIC-Unibraw pada 1990 – 1995, sehingga sangat layak untuk diajarkan kepada mahasiswa yang menekuni bidang keilmuan pertanian, peternakan, perikanan dan sumber alam serta program yang ada di Fakultas MIPA.

Buku awalnya adalah sebuah diktat namun karena dipandang sangat baik dan berguna sehingga dijadikan sebuah buku yang jelas sangat menarik karena sebagai media untuk membantu dosen dan mahasiswa dalam menganalisis persoalan yang ada.